Rabu, 28 Januari 2015

MULTI MANFAAT AIR LIUR

Air liur atau yang sering kita sebut dengan ludah adalah cairan yang berada pada rongga mulut,  cairan yang dalam bahasa ilmiah dikenal dengan Saliva adalah cairan bening yang dihasilkan oleh manusia dan sebagian hewan. Nenek moyang kita dulu, bahkan msh byk yg mewariskan hingga kini, menjadikan ludah sebagai obat berbagai macam penyakit, dengan cara ditelan dan dioleskan.

Dari air liur kita bisa mendapatkan sampel dari DNA. Bahkan, meskipun air liur tidak mengandung sel DNA, tetapi sel-sel dari lapisan mulut dapat ditemukan di sampel air liur. Air liur dapat memberikan petunjuk apa saja yang telah dimakan dan obat-obatan yang mungkin dikonsumsi. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kandungan pada air liur ini adalah Mukosa yang mengandung Mukopolisakarida dan Glikoprotein, senyawa antibakteri dan beberapa macam enzim. Akan tetapi kandungan tersebut sangatlah berpengaruh dari apa yang kita konsumsi sebelumnya. Beberapa hasil kajian tentang manfaat dari air liur, sebagai berikut:

1. Melindungi lambung

Manfaat air liur yang pertama adalah dipercaya mampu melindungi lambung dikarenakan kandungan dalam air liur juga mampu menjadi pelindung lapisan perut dari sekresi asam lambung dan enzim pepsin pencernaan. Tentunya dengan proteksi dari air liur ini akan menjaga kesehatan lambung.

2. Membantu proses pencernaan

Manfaat  dari air liur juga adalah mampu memperlancar pencernaan. Dimana air liur mampu memperlancar makanan yang masuk dari mulut ke tenggorokkan, hingga akhirnya ke lambung. Beberapa makanan seperti asam mampu menstimulasi produksi air liur, yang membantu proses awal masuknya makanan ke alat pencernaan. Jadi bisa kita bayangkan jika tdk ada air liur.

3. Untuk menghilangkan jerawat

Air liur tenyata sangat efektif digunakan untuk membasmi bakteri penyebab jerawat, caranya dengan menjadikan air liur sebagai masker ulangi 3 kali dalam sehari dalam kurun waktu tiga hari , anda bisa membuktikannya sendiri.

4. Mampu menyembuhkan luka

Manfaat air liur yang keempat adalah mampu mempercepat penyembuhan luka. Dalam sebuah jurnal yang berjudul The journal of Federation of American Societies for Experimental Biologi menerangkan bahwa di dalam kandungan air liur atau air ludah terkandung zat yang mampu membantu proses penyembuhan luka pada manusia yang disebut dengan Histatin. Histatin adalah protein yang terdapat pada air liur yang dipercaya dapat membunuh bakteri-bakteri jahat pada luka.

5. Mencegah kerusakan pada gigi

Manfaat air liur yang terakhir adalah mampu mencegah kerusakan gigi dimana salah salu kandungan air ludah adalah polin. Polin merupakan protein yang berfungsi melindungi enamel gigi. Bukan hanya itu kandungan mineral air liur juga dapat membantu proses remineralisasi gigi.

Demikian multi manfaat air liur , memiliki banyak  manfaat yang baik bagi tubuh. Manfaat tersebut sudah sering dimanfaatkan sejak nenek moyang kita dulu. Semoga informasi ini bermanfaat utk kita semua, tentunya yg membaca tulisan ini. Tetap semangat dan sukses luarbiasa. Janend'15*dr#.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hebat semuanya