Kamis, 22 Januari 2015

TIPS MENGUBAH NASIB

Sebenarnya nasib kita adalah hasil dari keputusan-keputusan yang kita buat sehari-hari. Setiap hari secara tidak sadar, otak kita membuat ribuan keputusan setiap harinya. Mulai dari mau bangun jam berapa, mau pakai baju apa, mau makan apa, mau nonton apa, mandi jam berapa. Ribuan keputusan. Banyak kitw yang  tidak menyadari proses tersebut. Beberapa teman malah menyangkalnya. Tetapi memang sedemikian banyaknya keputusan-keputusan tersebut sehingga kita sendiri pun sudah menjalankannya tanpa sadar bahwa kita sedang membuat keputusan-keputusan tersebut.

Sejak kecil kita hidup dengan berada di sebuah lingkungan tertentu, dan kita belajar banyak dari sekitar kita. Kita mempunya role model yang tanpa kita sadari telah kita idolakan. Baik itu orang tua kita, atau orang lain. Demikian juga bila ada orang menceritakan ke kita tentang suatu yang lebih hebat dari manusia pada umumnya, baik yg positif maupun tidak. Yang pasti, hidup kita akan mengacu kesana, baik secara sadar maupun tidak sadar.

Berbicara mengenai nasib kita hari ini dan ke depan, tidak lepas dari dua poin di atas. Dalam artikel ini kita tidak mau membahas bahwa nasib kita di tangan Tuhan, karena artikel ini akan jadi tidak berguna (dan bukankah Tuhan juga memberikan kita kebebasan memilih dan talenta sebagai manusia). So let’s back to our main topic bahwa nasib kita hari ini ternyata ditentukan dari bagaimana kita mengambil keputusan dan role model mana yang kita adopsi sebagai tujuan kita.

Trus bagaimana cara tercepat mengubah nasib kalau kita ternyata tidak puas dengan kondisi kita sekarang? Yang pertama harus kita lakukan adalah bahwa kita harus menyadari bahwa kits memiliki kontrol sepenuhnya atas semua pilihan-pilihan hidup kita. Mau melangkah saja, yang menentukan kaki kiri atau kanan terlebih dahulu yang bergerak adalah diri kita sendiri. Setelah menyadari hal tersebut, ingatlah kembali ke belakang, keputusan-keputusan besar apa sajakah yang telah kita ambil sehingga kita berada di posisi hari ini……Apakah kita cukup puas dengan semua keputusan itu? Atau kalau bisa  mau mengulangi ke belakang untuk mengambil keputusan yang berbeda? Ingatlah bahwa keputusan  di masa lalu menyebabkan nasib kita pada hari ini. Dan keputusan-keputusan hari ini lah yang akan menentukan keputusan di masa depan kita.

Poin berikutnya adalah, apakah kita memiliki seseorang yang menjadi role model baru kita? Kalau kita tidak puas dengan nasib kita yang sekarang, pikirkan seseorang yang kita kenal kalau bisa, yang kita ingin posisi hidup kita seperti dia. Sangat lah baik apabila kita mengenal orang tersebut karena kita bisa bertanya dan menggali pola pikirnya. Dalam bisnis, mungkin kita mengenal istilah mentor. Tetapi dalam konteks ini saya menyebutnya dengan role model saja. Tugas kita mengenali cara berpikir role model kita, dan kemudian menggunakan cara berpikir orang tersebut dalam mengambil keputusan-keputusan dalam hidup kita.

Dengan menerapkan strategy seperti ini, ada beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan, yaitu:

Kita belajar keluar dari zona nyaman kita, sehingga kita lebih siap menerima tantangan dan peluang-peluang yang baru.
Kita belajar melihat semua hal dari sudut pandang yang berbeda dengan yang biasanya kita gunakan.
Kita bisa memecahkan masalah-masalah dalam hidup dengan lebih baik.
Kita bisa memisahkan emosi dengan logika ketika melakukan sebuah keputusan penting dalam hidup . Yg terpenting juga, ternyata hal ini menjadi salah satu hal yang perlu kita kuasai dalam hidup kita.
Sangatlah salah apabila kita mengharapkan hasil yang berbeda dengan melakukan hal yang sama berulang-ulang. Kalau  tahu bahwa kita tidak puas dengan hidup saat ini, maka  perlu mencari tahu apa yang perlu kita ubah supaya tidak mengambil keputusan dengan “cara yang sama” seperti sebelumnya. Perhatikan bahwa penekanan pada konteks “cara” mengambil keputusannya, bukan hal yang dihadapinya.

Semoga artikel  hari ini memberikan sudut pandang yang berbeda untuk kita.

Best Regards

Ir. Fillan Samosir

Sekali lagi: kitw memiliki kebebasan memilih untuk segera menemukan role model/mentor sekarang juga setelah membaca tulisan  ini, atau menganggap tulisan ini hanya cukup dibaca dan tidak ada yang perlu dilakukan. Ingatlah bahwa keputusan kita hari ini menentukan masa depan kita. Tetap semangat dan salam sukses luarbiasa!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hebat semuanya