Jumat, 13 Februari 2015

7 KOMPONEN UTAMA RENCANA BISNIS

Ada tujuh komponen dalam menyusun rencana bisnis (Business Plan), semua bagian tersebut penting, saling terkait dan berhubungan dalam kegiatan perencanaan bisnis sehingga menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai bisnis. Secara singkat tentang bagaimana membuat rencana bisnis yang sederhana, tentu konsep ini dapat kita kembangkan sesuai kebutuhan agar dapat menemukan konsep yang paling cocok dan fleksibel. Dalam artikel ini kami sertakan contoh gambaran sederhana menyusun rencana bisnis membuat situs marketplace yang kami peroleh dari berbagai sumber, terutama dari narasumber yg sdh sukses melanglang buana dalam bisnis. Berikut adalah komponen-komponen penting dalam menyusun sebuah rencana bisnis.

1. Ulasan Deskripsi Bisnis
Disini lita harus menjelaskan secara singkat apa bidang usaha yang akan dijalankan. Potensi produk kita harus kita tulis secara detail, sehingga kita tahu persis pada  saat ini dan kemungkinannya dimasa depan. Juga kita berikan informasi peluang pasarnya serta perkembangan produk untuk bisa bertahan dan menyesuaikan dengan pasar yang ada.

2. Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran yang akan dijalankan haruslah merupakan hasil analisa pasar yang telah dilakukan dengan cermat. Analisa pasar adalah kekuatan yang harus kita gunakan untuk menciptakan target pembeli, kita harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan (kemana produk akan dipasarkan).

3. Analisis Pesaing
Analisis Pesaing digunakan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing dalam satu pasar yang sama. Setelah menemukan kekuatannya, kemudian kita mencari strategi untuk memasarkan produk dengan cara yang berbeda dengan pesaing. Kita juga harus mencari strategi untuk menghalangi pesaing masuk dan meniru strategi yang sama dengan kita.
Demikian juga dengan kelemahan yang ditemukan, dapat dieksploitasi dengan mengembangkan produk yang lebih baik dari pesaing yg ada.

4. Rencana Desain dan Pengembangan
Rencana desain dan pengembangan diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk, grafik pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Ini berguna untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai dengan kebutuhan.

5. Rencana Operasional dan Manajemen
Rencana operasional dan manajemen dibuat untuk menjelaskan bagaimana usaha akan berjalan dan berkelanjutan. Rencana operasional akan berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan, misalnya bermacam tugas dan tanggung jawab tim manajemen, bagaimana prosedur penugasan antar divisi dalam perusahaan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

6. Pembiayaan
Faktor pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah rencana bisnis. Darimana sumber dana berasal, bagaimana mengatur anggaran agar efisien namun tetap dapat mengoperasikan seluruh divisi dalam perusahaan agar berjalan lancar.

7. Kesimpulan Usaha
Yang terakhir disusun adalah kesimpulan dari seluruh kerangka bisnis plan. Kita dapat menampilkan jadwal waktu tiap komponen di atas akan dilakukan, perkiraan waktunya dan hal-hal penting lainnya yang akan mendukung segala aktifitas dalam memulai usaha. 
Demikian kilasan perencanaan Bisnis supaya sesuai dg koridor dan sekaligus sebagai gambaran utk dapat berjalan dg baik menuju kesuksesan. Semoga bermanfaat.#fs#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hebat semuanya