Minggu, 15 Februari 2015

Bila Melakukan dr Awal, apa yg harus kita Lakukan?!

$ebuah wawancara khusus*;


Dalam perjalanan sharing saya bersama Mentor Motivasi dan Bisnis Denny Santoso, satu awal dr saya yg sering kali muncul “Den, kalau kamu adalah saya, dan kamu harus memulai semuanya lagi dari awal, dari nol, apa yang akan kamu lakukan?” And that’s a very good question. So kali ini saya akan berbagi kepada kita semua, bagaimana Mr.Denny Melakukannyaakan, yaitu sbb:

- Just Do It! Karena DONE is Better Than PERFECT. 

Ketika saya memulai bisnis supplemen saya pertama kali dengan modal tabungan saya yang hanya sebesar 2.5jt rupiah saja, pemikiran saya adalah, meskipun itu adalah uang saya yang tersisa, kalau gagal pun, saya masih ikut orang tua karena saya masih kuliah dan belum berkeluarga. Memang pemikiran ini tidak bisa disamaratakan dan tiap kasus berbeda, hanya saja terlalu banyak membuat excuse atau alasan tidak akan membawa Anda ke tempat yang lebih baik. Jadi pikirkan hal yang positif untuk membuat Anda bergerak maju.

- Build Audience/List. Jaman sekarang berbeda dengan jaman ketika saya baru memulai bisnis. Jaman saya di akhir tahun 90an, meskipun sudah ada internet, tetapi belum semuanya menggunakan internet. Belum ada smartphone dan sebagainya. Sehingga untuk memulai, saya harus berkeliling tempat fitness satu per satu. Menawarkan produk. Saat ini, Anda bisa menggunakan social media, memasang iklan. Kejadian paling buruk hanyalah iklan Anda lewat begitu saja tanpa di click orang. Sementara kalau Anda jadi sales keliling, Anda harus menyiapkan mental baja untuk siap ditolak oleh banyak orang. Nah dengan adanya internet, maka membangun audience menjadi sangat mudah sekali. Ingat bahwa kalau Anda tidak bisa melakukannya, ya Anda harus belajar. Kalau tidak mau, ya sudah. Hidup adalah pilihan.Anda bisa menggunakan Facebook saat ini paling gampang untuk menjangkau audience Anda. Dan setelah itu membangun list database baik email atau bbm. Dan setelah itu berkomunikasi dengan mereka untuk mendapatkan feedback apakah produk Anda sesuai dengan market Anda. Saya membangun email database diwww.panduandiet.com danwww.duniafitnes.com dan sudah mencapai angka 200.000 email saat ini. Anda membaca artikel ini juga besar kemungkinan karena berada sebagai list audience saya kan:)

- Build Your Personal Branding.Saya membangun brand saya di industry fitness untuk meningkatkan loyal customer. Saat ini membuat branding sangat mudah dengan adanya social media. Bahkan Anda tidak membutuhkan biaya yang besar. Tidak butuh iklan TV atau billboard di jalan-jalan. Cukup tulis blog, sering berinteraksi di social media, masuk ke Youtube secara konsisten maka Anda akan secara perlahan membangun brand Anda. Menulis buku (bukan ebook) adalah salah satu cara cepat meningkatkan brand Anda. Baru setelah itu Anda akan mulai dikenal orang, diundang menjadi pembicara, diundang mengisi di radio dan bahkan TV. Dengan personal branding yang kuat, Anda meningkatkan trust konsumen terhadap bisnis Anda.

- Build Your Team. Setelah bisnis Anda terbukti berjalan, segera bentuk team. Tahap awal membentuk team adalah untuk mendelegasikan tugas-tugas yang tidak Anda sukai. Misalnya dalam berjualan diwww.supplier.id, bagian menyenangkan di awal adalah shopping dan berjualannya. Dan yang tidak menyenangkan adalah packing dan mengurus gudang. Maka team untuk bagian itu yang saya bentuk terlebih dahulu. Nanti ketika team Anda semakin besar, Anda harus mulai mendelegasikan pekerjaan yang Anda suka, seperti marketing dan penjualan. Karena ketika perusahaan menjadi besar dan Anda harus menjalankan proses itu sendirian, maka Anda akan kewalahan.

- Find Mentor & Support. Pada saat saya memulai bisnis, saya tidak mengenal kata mentor. Just do it adalah prinsipnya. Kalau Anda memulai bisnis saat sekarang, ada banyak sekali mentor dimana Anda bisa belajar dari mereka. Anda membutuhkan mentor untuk menjadi cahaya di jalan Anda. Support dari mereka bisa sangat memotivasi dan Anda tidak perlu mengulangi kesalahan-kesalahan yang mereka lakukan. Anda bisa maju lebih cepat. Meskipun bisnis saya sudah berjalan dengan baik, saya tetap membangun networking dengan mentor dan berkomunikasi dengan banyak orang. Banyak ide-ide baru yang muncul ketika Anda bertemu dengan banyak orang.

- Get Healthy. Dengan gaya hidup yang sehat, Anda bisa bekerja lebih optimal dan mendapatkan hasil yang lebih daripada ketika Anda sakit-sakitan kan:)

 
Apapun bisnis Anda, offline dan online, ketika Anda membaca tulisan ini, Anda akan menyadari bahwa apapun pekerjaan Anda, Anda tetap bisa mengakses blog saya kan. Artinya, hampir semua pekerjaan atau bisnis yang Anda pikirkan, bisa sangat terbantu dengan proses yang saya jelaskan disini dalam memanfaatkan teknologi digital.

 
Kalau Anda memilih jalan manual tanpa teknologi, berarti Anda sudah ketinggalan jaman 15-20 tahun dan sangat berat untuk mengejar kompetitor Anda yang memanfaatkan teknologi dalam bisnisnya. Anyway, semuanya kembali menjadi pilihan di tangan Anda. Anda yang menentukan.

 TETAP SEMANGAT

SALAM SUKSES LUARBIASA!

#fs#


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hebat semuanya