Jumat, 13 Februari 2015

BASIC STRATEGI MARKETING

Pemasaran merupakan ujung tombak suatu bisnis . Dengan pemasaran yang baik dan stabil, akan berpengaruh pada perkembangan bisnis itu sendiri. Berikut dua dasar strategi untuk mendapatkan keunggulan dalam bisnis:

1. Berikan nilai tambah produk
Target utama para pebisnis adalah banyaknya konsumen yang membeli produk. Untuk itu, kita harus memberikan nilai tambah pada produk yang susah ditiru kompetitor. Ada hubungan erat antara segmen konsumen dengan jenis produk. Maka, harus kita ciptakan nilai tambah pada produk  yang sesuai dengan segmen pasar yang kita bidik. Nilai tambah tidak harus memiliki nilai yg tinggi atau harus bagian dr produk. Nilai tambah yg sederhana tetapi menjadi bagian dr kebutuhan pelanggan, akan menjadi daya tarik tersendiri dr produk tersebut.

2. Perkuat pemasaran
Jika kita sudah memiliki nilai tambah pada produk, langkah selanjutnya yaitu melakukan pemasaran yang efektif dan kreatif. Pemasaran jenis ini lebih mampu menarik minat para konsumen. Sebuah perusahaan akan menjadi lebih besar apabila mampu membuat stretegi pemasaran yang efektif. Pemasaran yg efektif itu penopang utamanya adalah personil marketing yang berkarakter dan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Oleh sebab itu pembinaan dan perhatian utama harus ke SDM nya.

Pengalaman penulis dalam bidang Marketing selama 18 tahun lebih, membuktikan bahwa tim marketing itu merupakan andalan utama utk menopang dan meningkatkan nilai perusahaan atau bisnis kita. Strategi dapat kita kembangkan melalui nama produk, nama usaha, seragam, pelayanan, atau segi-segi kecil yang jarang pengusaha lain terapkan. Dengan menjadi unik kita akan mendapatkan posisi tersendiri dibandingkan pesaing kita. Salam sukses luarbiasa. #fs#

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

hebat semuanya